Oleh: mgmpkimiabms | 19 Oktober 2009

Ditemukan, Tanaman Pemakan Tikus


Ditemukan, Tanaman Pemakan Tikus

Tanaman raksasa yang mampu melahap serangga bahkan tikus ditemukan oleh sekelompok ilmuwan di puncak gunung Victoria. Tanaman karnivora dengan nama latinnepenthes attenborouhgii ditemukan di daerah Asia Tenggara tepatnya di pegunungan Palawan Filipina.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Stewart Mcpherson dari Red Fern Natural History Production, telah mempelajari tanaman ini sejak tahun 2000 ketika mendapat laporan dari kelompok pendaki persekutuan Kristen yang menemukannya di pegunungan tersebut.

Mcpherson menyatakan semua tanaman karnivora mampu berkembang untuk menangkap serangga. Tetapi tanaman yang besar seperti tanaman itu dapat memakan tikus dan kodok. “Sebuah hal yang luar biasa di mana tanaman sebesar ini telah begitu lama tidak ditemukan” tambahnya.

Penemuan yang diumumkan minggu kemarin ini dijelaskan secara rinci di Botanical Journal of the Linnean Society.

Tanaman ini adalah tanaman teko ke dua terbesar di dunia yang dapat tumbuh sepanjang lebih dari 4 kaki, dengan struktur seperti teko yang dipenuhi oleh cairan.

Tanaman ini mengeluarkan madu di sekitar mulutnya untuk memikat tikus, serangga dan mangsa lain agar jatuh ke dalam perangkapnya. Ketika seekor hewan telah terjerat, enzim dan asam yang terdapat pada cairannya menghancurkan tulang – tulang korban yang tertelan. (inilah.com/ humasristek)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: