Oleh: mgmpkimiabms | 22 Oktober 2009

TIP BERINTERNET AMAN DI HOTSPOT

TIP BERINTERNET AMAN DI HOTSPOT

Hotspot adalah istilah untuk lokasi yang menyediakan akses internet untuk umum. Sehingga pengunjung yang memiliki komputer dengan kartu jaringan bisa terhubung ke internet. Biasanya kafem restoran, lobi hotel, dan bandar udara mempunyai hotspot.

Sebagian hotspot dapat diakses secara gratis oleh siapa saja, yang lain hanya diperuntukkan bagi tamu di tempat tersebut.Sebagai sebuah jaringan terbuka, hotspot rentan akan isu keamanan. Jadi keamanan data menjadi resiko anda sendiri selagi bekerja di area hotspot.

Berikut beberapa tips aman berinternet di hotspot

1. Pilih koneksi yang aman.
Tidak semua area menawarkan beberapa pilihan koneksi. Tapi kalau tersedia, pilih jaringan nirkabel yang menyediakan kunci keamanan jaringan atau yang mencantumkan sertifikat keamanan. Jaringan seperti ini menyandikan setiap informasi yang dikirim sehigga membantu melindungi komputer anda dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

2. Aktifkan firewall.
Firewall membantu melindungi komputer jinjing dengan mencegah pihak tak berwenang mengkakses melalui internet atau jaringan. Semua sistem operasi Windows memiliki fitur firewall.

3. sembunyikan file dan printer sharing
Nonaktifkan file dan printer sharing sehingga mencegah komputer lain mengakses komputer anda melalui jaringan.

4. Buat semua folder private.
Hal ini untuk menyulitkan hacker mengakses file anda.

5. Sandikan file
Lindungi berkas dengan menyandikannya, sehingga setiap orang yang mencoba membuka atau memodifikasinya harus memasukkan kata kunci.

6. Jangan pernah mengetikkan nomor kartu kredit atau kata kunci.
Demi keamanan, jangan pernah memberikan nomor kartu kredit dan informasi finansial lainnya saat bekerja di area hotspot. Para hacker kerap memakai cara yang memancing orang memberikan data pribadi seolah-olah permintaan itu datang dari sistem yang sah. Jika terpaksa harus mengetikkan data pribadi, pastikan muncul ikon gembok(padlock) di pojok kanan jendela browser dan alamat web dimulai dengan “https”. “S” berarti secure/aman, yang standar hanya “http”

7. Matikan jaringan nirkabel saat tidak digunakan
Jika anda tidak sedang menjelajahi internet atau mengirim email, tapi tetap memakai komputer di area hotspot, nonaktifkan koneksi nirkabel komputer anda. Jika menggunakan kartu Wifi eksternal, cabut saja. Jika memakai kartu Wifi internal, buka Control Panel -> Network Connection. Klik kanan di Connection dan pilih Disable.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: